LOWONGAN KERJA TERBARU TERUPDATE -->>
Yours Ad Here

11 Hal Yang Menyebabkan Anda Ditolak Kerja

Written by on ,
ins"

11 Hal Yang Menyebabkan Anda Ditolak Kerja



hal yang menyebabkan lamaran kerja di tolak, lamaran kerja, melamar pekerjaan, menyesal


GO-kerja.com - Mungkin anda pernah mengalami bagaimana pahitnya rasa ditolak ketika melamar suatu pekerjaan? Bahkan anda belum sempat bertemu atau hanya mengirimkan surat lamaran kerja saja tidak ada kesempatan buat anda untuk menunjukkan kemampuan diri anda? Mungkin beberapa hal dibawah ini menjadi penyebabnya kenapa anda tidak diterima di suatu pekerjaan yang anda impikan.

  • Tidak Relevan Dengan Pendidikan Anda
    Ini adalah kesalahan fatal yang mungkin dapat dikatakan kesalahan diri anda sendiri. Biasanya dalam suatu Lowongan Kerja, perusahaan mencantumkan kualifikasi-kualifikasi kerja yang tentunya itu merupakan batas standar yang harus anda penuhi untuk dapat melangkah ke tahap selanjutnya dalam suatu proses kualifikasi kerja. Misalnya saja jika perusahaan mensyaratkan bahwa pendidikan minimal adalah S1 dari jurusan Teknik Sipil sedangkan anda adalah lulusan S1 dari jurusan Manajemen dan anda tetap melamar pekerjaan tersebut. Segera ucapkan selamat tinggal dengan surat lamaran yang anda kirim

  • Berkas Administrasi Tidak Lengkap
    Salah satu kunci kesuksesan dalam melamar kerja adalah Teliti. Jika anda lupa melampirkan salah satu berkas lamaran kerja misalnya saja kurang foto copy Kartu Keluarga. Perusahaan sudah dapat menilai seperti apa karakter anda dan tentunya anda juga akan ter-eliminasi di babak pemanasan ini.

  • Penggunaan Bahasa Yang Kurang Baik
    Untuk masalah penggunaan bahasa dalam melamar suatu pekerjaan juga tidak boleh asal-asalan. Kita harus benar-benar menyeleksi setiap kata yang akan kita tuangkan dalam surat tersebut supaya tidak menyinggung pihak perusahaan.

  • Tidak Mencamtumkan Kontak
    Pernahkah anda mengirimkan surat lamaran kerja tanpa disertai kontak anda? Walaupun kualifikasi anda mumpuni namun anda tidak mencantum kontak anda yang dapat dihubungi, bagaimana perusahaan dapat menghubungi anda jika anda akan diterima?

  • Tidak Menunjukkan Potensi Diri Anda
    Ada yang berkata "jangan sombong karena semua ini hanya titipan". Iya itu memang benar, namun untuk surat lamaran kerja, kita harus sedikit menyombongkan potensi kita atau menunjukkan potensi kita namun juga harus tetap dalam bahasa yang wajar dengan tujuan perusahaan mengetahui potensi diri kita. Tanpa kita menuliskan potensi yang dimiliki dalam surat lamaran kerja, itu sudah mengurangi penilaian perusahaan terhadap diri anda.

  • Tidak Mempersiapkan Diri
    Dalam melakukan sesuatu hal, akan terlihat perbedaan hasilnya apabila kita melakukan dengan persiapan dan tanpa persiapan. Dengan melakukan persiapan lebih awal kita akan lebih tenang dalam mengikuti setiap tahapan seleksi Lowongan Kerja terutama ketika Wawancara Kerja.

  • Penampilan Tidak Menarik
    Lupakan dahulu kata "Don't Judge The Book by its Cover" karena dalam pekerjaan, penampilan sangatlah penting. Misalnya saja ketika anda melakukan wawancara kerja dengan baju yang tidak rapi, rambut acak-acakan itu merupakan salah satu jurang kegagalan anda dalam wawancara kerja.

  • Tidak Mampu Untuk Berkomunikasi Dengan Baik
    Pada saat wawancara kerja anda disuruh untuk menjawab dengan singkat dan jelas. Namun anda malah menjawab panjang lebar dan membuat pewawancara bingung dengan maksud anda bahkan anda sendiri juga bingung. Usahakan tenangkan diri ketika wawancara kerja, persiapkan kira-kira pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan dan pilihlah jawaban yang singkat dan jelas yang sekiranya tidak akan membingungkan diri anda dan pewawancara.

  • Menceritakan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara
    Saat wawancara kerja pasti anda akan ditanyai tentang kelebihan dan kekurangan anda. Ceritakan apa saja kelebihan anda secara  jujur dan ketika anda akan menjawab kekurangan anda jawablah dengan kelebihan anda yang seolah-olah hal tersebut menjadi kekurangan anda dan bagaimana anda mengatasi permasalahan tersebut.

  • Anda Terlalu Baik Dibanding Atasan
    Secara realistis suatu perusahaan biasanya akan menolak jika kualifikasi anda malah jauh lebih tinggi dibandingkan atasan anda. Perusahaan umumnya akan mencari orang yang dapat bekerja sama dalam tim dan memnbangun perusahaan bersama-sama.

  • Peserta Lain Lebih Unggul Daripada Anda
    Dalam suatu seleksi Lowongan Kerja pasti akan ada ratusan bahkan ribuan pelamar kerja lain yang siap bersaing dengan anda. Mungkin kemampuan anda memang baik namun apabila ada peserta lain yang lebih baik lagi daripada anda. Kemungkinan anda akan ditolak akan lebih besar.


Itulah tadi 11 Hal Yang Menyebabkan Anda Ditolak Kerja. Melamar kerja bukan hanya soal keahlian dan kepandaian, namun juga soal keberuntungan. Perbaiki diri, perbanyak berdoa dan semoga perusahaan yang diinginkan dapat dicapai. Optimis adalah salah satu kunci kesuksesan kita. Dengan sikap optimis kita akan menjadi pribadi yang pantang menyerah dan selalu berpikir positif bahwa kita akan dapat meraih apa yang kita inginkan.






ins"